September 19, 2024

Fransiskus Kasipmabin, Ketua DPD KNPI Pegunungan Bintang Periode 2023 -2026

PEGUBIN (SIWAR.COM) – Keterbukaan informasi merupakan salah satu pilar utama dalam membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah. Dengan memberikan akses informasi yang luas dan mudah kepada masyarakat, maka dapat menciptakan pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

Demikian pernyataan Ketua DPD KNPI Pegunungan Bintang Fransiskus Kasipmabin di sela kegiatannya pada, Rabu (14/8/2024).

“Untuk mendukung keterbukaan informasi, diperlukan penguatan infrastruktur informasi yang memadai. Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi harus terus ditingkatkan agar informasi dapat diakses secara cepat dan tepat oleh masyarakat,” ujar Ketua Frans.

Menurut mantan jurnalis ini, keterbukaan informasi publik harus mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Melalui partisipasi yang lebih luas, masyarakat dapat memberikan masukan yang konstruktif dan ikut serta dalam pembangunan Daerah.

Pada kesempatan tersebut, ketua DPD KNPI menyampaikan bahwa pentingnya keterbukaan informasi dalam proses pesta demokrasi.

“Pemilihan umum dan Pilkada adalah momen penting dalam kehidupan demokrasi bangsa kita. Keterbukaan informasi publik selama pemilihan umum adalah kunci untuk memastikan proses yang adil, jujur, dan transparan,” kata Frans.

Oleh karenanya, akses masyarakat pada informasi tentang calon, program, dan proses pemilihan dapat meningkatkan kepercayaan publik dan memperkuat legitimasi pemerintah yang terpilih.

“Saya berharap Komisi Pemilihan umum terus menjalankan tugas, fungsi, dan kewenangannya dalam memastikan keterbukaan informasi publik terus terjaga dan dipatuhi oleh penyelenggara pemilihan umum dalam seluruh tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak,” kata Ketua DPD KNPI Pegubin.

Ketua Pemuda Pancasila, Yance Nawipa mengatakan, salah satu elemen penting dalam mewujudkan Pegunungan Bintang sehat cerdas Mandiri Ekonomi Berbasis Budaya dan Tata Ruang, adalah penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka. Karena informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang, baik bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional.

“Di era globalisasi saat ini transparansi menjadi suatu kewajiban. Tidak ada lagi yang bisa disembunyikan. Transparansi melalui keterbukaan informasi publik akan menciptakan pemerintah yang akuntabel,” kata Nawipa. ***

Admin Redaksi