OKSIBIL (SWpapua) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pegunungan Bintang, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas SDM Panwaslu dan Sekretariat Panwaslu Distrik, Jelang Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024. Pada Rabu (24/1/2024).

Kegiatan tersebut merupakan upaya peningkatan kapasitas sebelum memasuki tahapan Kampanye di pegunungan Bintang.

Koordinator SDM Bawaslu Pegubin, Pepyanus Uopmabin menyampaikan Bimtek itu diselenggarakan dalam rangka peningkatan pengetahuan, tentang Pengawasan, Pencegahan dan Penindakan bagi Panwaslu di tingakat distrik.

“Ketika nanti masuk kepada masa kampanye, mereka sudah bisa paham tentang bagaimana menindak kalau ada partai politik yang melakukan pelanggaran dalam masa kampanye dan tahapan kampanye,” Kata Pepy.

Pepy nenekankan, dimasa kampanye nanti akan ada banyak problem atau masalah yang dihadapi oleh Panwas di lapangan karena proses kampanye akan tersebar di masing-masing distrik.

“Untuk itu sangat penting dilakukan penguatan kapasitas kelembagaan ini supaya menjadi tolak ukur, menjadi dasar bagi teman-teman di panwalu untuk masa tahapan kampanye,” Ungkapnya

Ia menyebutkan, kegiatan itu fokus pada aturan-aturan yang mengatur tahapan-tahapan Pemilu yang ada. Seperti Peraturan Bawaslu Nomor 11 Tahun 2023 tentang tahapan kampanye.

“ Fokus materi dari Bimtek ini yaitu Penanganan pelanggaran dan Sengketa Cepat ditingkat distrik”.

Kegiatan ini berlangsung sehari di aula serba guna social katolik mabilabol oksibil.

Admin Redaksi

By Admin