PEGUBIN (SWpapua.Com)- Gaung Pimilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di sebagian wilayah Indonesia, termasuk Kabupaten Pegunungan Bintang, kini sudah mulai terasa hingga jadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) bahkan telah mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang jadwal dan tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 yang akan dilaksanakan sejak Februari sampai November 2024 mendatang.

Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Pegunungan Bintang bakal jadi pertarungan sengit. Berdasarkan pantauan di media sosial seperti Facebook dan WhatsApp mulai tersebar nama-nama figur yang digadang-gadang akan jadi bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Pegunungan Bintang periode 2024-2029.

Figur-figur yang nama mereka jadi perbicangan publik masyarakat di Kabupaten Pegunungan Bintang bahkan digadang-gadang akan maju bertarung sebagai calon bupati dan wakil bupati Pegunungan Bintang pada perhelatan Pilkada serentak diakhir 2024 ini.

Dari sekilan figur yang disebutkan akan berpotensi ikut bertarung dalam perhelatan Pilkada serentak 2024 telah menyatakan sikap untuk maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang periode 2024-2029.

Beberapa figur yang telah menyatakan sikap untuk maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang sebagai berikut; Spey Yan Birdana ST,M.Si yang saat ini menjabat sebagai Bupati Pegunungan Bintang yang juga Ketua DPD I Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Papua Pegunungan .

Spey Birdana memastikan dirinya akan maju untuk bertarung pada Pilkada 2024 mendatang. Setelah sukses meraih 8 Kursi pada Pemilihan Legislatif di Pegunungan Bintang. Selain itu Spey juga kini sebagai Bupati aktif Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dengan perolehan kursi ini setengah dari jumlah masyarakat Pegunungan Bintang masih memilih dirinya.

“Kemungkinan besar Petahana nyatakan sikap untuk ikut kembali mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah (pilkada). Izinkan kita berjuang bersama-sama kembali. Saya yakin apabila masyarakat masih mempercayai saya, kemenangan itu akan bersama kita,”

Figur berikutnya, Mantan Wakil Bupati Pegunungan Bintang Periode 2004-2009 Drs.Theodorus Sitokdan. dipastikan kembali maju pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang November 2024 akan datang. Kepastian tersebut disampaikan Johanes Sitokdan melalui postingannya di grup WhatsApp belum lama ini. Sabtu (27/4).

“Dalam rilisnya Jhon mengakui Theo sudah bertekad dan memutuskan untuk kembali maju mencalonkan diri pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati November 2024 akan datang,”

Figur selanjutnya Denius T Uropmabin,S.HI yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPR Pegunungan Bintang dipastikan maju sebagai bakal calon Bupati Pegunungan Bintang pada kontestasi Pilkada 2024. Nama Denius resmi terdaftar dan telah mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati di Bappilu Partai Demokrat Papua Pegunungan.

Sementara itu Ketua Partai PKS,Tonce Nabyal juga di wacanakan akan maju sebagai kandidat balon Bupati Pegunungan Bintang pada kontestan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pegunungan Bintang 2024 mendatang.

“Menjadi pemimpin adalah pengabdian untuk masyarakat, tentu saya niatkan ini sebagai ibadah dan dengan niat yang tulus. Saya sangat siap untuk bertarung katanya.

Figur selanjutnya Kris Bakweng Uropmabin ST, yang juga selaku Wakil Bupati antar waktu Kabupaten Pegunungan Bintang. Anak muda ini memiliki komitmen tinggi untuk berpartisipasi dalam bursa Pencalonan Bakal Calon Bupati Pegunungan Bintang dan siap bertarung dengan Seniornya.

“Cita-cita saya hanya satu, ingin membangun Pegunungan Bintang di semua sektor agar tanah kelahiran saya ini maju dan rakyaknya berkeadilan. Saya tidak ingin cari kaya lewat jabatan bupati,” ungkapnya di salah satu media online.

Sementara figur -figur yang digadang sebagai bakal calon wakil bupati yang diperbincangakan diantaranya, Politisi Partai Hanura Philipus Inurka, Terianus Keduman Politisi Partai Golkar, Meppi Mimin Politisi Perindo yang juga Ketua Partai Perindo Pegunungan Bintang dan Yermias Tapyor,serta masih banyak figur lainnya.

Sekedar di ketahui,berita ini di publis berdasarkan data yang di himpun media ini melalui postingan di sejumlah media sosial seperti, Facebook, Twitter,IG dan WhatsApp.

Penulis : Meky Uropmabin
Admin Redaksi

By Admin