PEGUBIN,SWpapua.Com-Wujudkan pemilu Damai dan terintegrasi, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Indonesia ( KNPI) Pegunungan Bintang, mengadakan seminar dan deklarasi Pemilu damai di Oksibil Pegunungan Bintang, Jumat,15/12/2023.

Seminar ini menghadirkan Narasumber dari unsur Pemerintahan Daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) dan Kepolisian Resor Pegunungan Bintang.

Ketua KNPI Pegunungan Bintang, Fransiskus Kasipmabin didampingi sekretarisnya Wilem Kipka,dalam keterangannya mengatakan,Seminar ini dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan Pemilu damai dan Berintegritas di Pegunungan Bintang.

“Wujudkan Pemilu damai adalah impian kita bersama, sehingga melalui kegiatan ini, pemuda sebagai garda terdepan bangsa diharapkan dapat memahami tentang aturan dan norma yang berlaku “

Lanjut Frans,Pemilu dan pemilih yang berintegritas dimulai dari penyelenggara tingkat KPU Bawaslu,PPD maupun TPS KPPS dan seluruh petugas-petugas penyelenggara yang ada sehingga seminar sehari dan deklarasi Pemilu damai hari ini untuk mengetahui sejauh mana nilai-nilai demokrasi itu telah terjadi di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dari seluruh partisipasi elemen masyarakat di wilayah ini.

“Kalau penyelenggara bekerja dengan baik tentu menghasilkan pemilu yang baik dan berkualitas. Ujar Ketua KNPI.

Sementara itu, di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Marinus Temerubun, S.Pd, mewakili pemerintah dalam sambutanya mengatakan,Seminar ini penting bagi pemuda untuk mengetahui, tahapan yang sedang berjalan, sekaligus juga sebagai acuhan dalam membantu penyelenggara sukseskan Pemilu 2024 mendatang.

” Pemuda sebagai Garda terdepan bangsa, diharapakan untuk berperan aktif dalam mengetahui dan memahami peraturan dan Perundang – undangan yang berlaku demi memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat”.

Temerubun berharap, setelah kegiatan ini,pemuda dapat mengembalikan apa yang di peroleh melalui seminar ini kepada masyarakat maupun sesama pemuda di daerah ini.

Seminar sehari ini di hadiri ketua dan pengurus KNPI distrik maupun perwakilan OKP dan di akhiri dengan pembacaan dan penandatanganan fakta integritas deklarasi pemilu damai di Oksibil.

Admin Redaksi

By Admin