OKSIBIL-SWpapua.com_ Wakil Bupati Pegunungan Bintang, Kris Bakweng Uropmabin resmi membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) 277 kepala desa (Kades),34 Pendamping dan  Kepala Distrik di Oksibil.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Kris mengajak peserta dapat berinovasi untuk membangun desanya masing-masing. Hal ini di sampaikan wakil bupati saat membuka kegiatan bimbingan teknis 277 kepala kampung dan 34 kepala distrik Bersama 34 pendamping yang berlangsung di oksibil senin,4/12/2023

”Kepada seluruh peserta Bimtek saya minta agar serius dalam mengikuti kegiatan ini, sehingga usai mengikui kegiatan ini bisa bermanfaat dan berinovasi dalam membangun desa,”ujar Wabup.

Ia juga menambahkan, dalam pengelolahan dana Desa, banyak kepala desa yang tidak jujur tetapi laporannya lengkap pada hal kadang terjadi kong kali kong antara kepala Desa dan Pendamping akhirnya terhadap laporan penggunaan akhirya dana Desa tidak tepat sasaran.

“Ada banyak kepala desa yang menggunakan Dana Desa untuk kepentinganya dan asal membuat laporan Bersama Pendamping,pada akhirnya manfaat dari dana des aini tidak dirasahkan masyarakat”.

Wabup kris juga mengajak kepala distrik sebagai kepala wilayah dapat mengotrol  kepala desa dalam penggunaan dana desa.

“ Kepala distrik sebagai kepala wilayah bertanggung jawab penuh dalam mengontrol setiap kepala desa dalam penggunaan dana desa”.

Melalui bimtek bersama tersebut, wabup mengharapkan semakin terjalin hubungan harmonis antara Kades, para pendamping dan Kepala Distrik  menciptakan keterbukaan dalam mengatur anggaran.


Terpisah,kepala DPMPK Pegubin, Barnabas Hirka, S.IP, mengakui selama ini antara Kades dengan BPD dan kepala distrik tidak ada saling terbuka dalam mengelola dana desa, sehingga hubungan antar dua lembaga ini terkesan kurang harmonis.

Melalui bimtek ini di harapkan dapat membangun keharmonisan dalam membangun daerah melalui anggaran yang di sediakan.

Melalui kegiatan ini juga kepala desa dan perangkat maupun kepala distrik  untuk sama-sama memahami tugas dan fungsinya masing-masing, kiranya tahun 2024 mendatang pegungaan dana Desa di gunakan tepat sasaran.

Kegiatan bimtek 277 kepala kampung Bersama kepala distrik dan pendamping desa tersebut mengahdirkan narasumber dari  dirjen kementrian desa tertinggal  republic Indonesia.

Admin redaksi

By Admin