PEGUBIN, (SW-Papua.Com)-Setelah rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat distrik se-Pegunungan Bintang berakhir pada selasa tanggal (5/3/2024).Komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Pegunungan Bintang kemarin resmi bertolak ke jayapura, Papua, untuk merekap hasil perolehan tersebut ke dalam system sirekap web.Keberangkatan KPU pegubin, di damping Bawaslu,Para saksi 15 Partai Politik, TNI-Polri.

Ketua KPU Pegunungan Bintang Yulius Uopdana, dalam keterangannya menjelaskan, sesui jadwal provinsi pegunungan bintang mendapat jadwal tanggal 7 -9 maret untuk menyampaikan hasil rekapitulasi tingkat kabupaten, namun pihaknya mengalami kendala jaringan sehingga kpu memtuskan untuk ke jayapura untuk menginput hasil perolehan suara ke aplikasi sirekap web.

“Kami ke jayapura karean terkendala jaringan di Oksibil Pegunungan Bintang” ujar Yuli, melalui Sambungan Telepon selulernya.

Yuli mengatakan keberangkatan pihaknya ini, atas kesepakatan bersama, 15 ketua partai Politik, Bawaslu, KPU dan para saksi Partai politik,serta unsur Pemerintah,pimpinan TNI-Polri dalam wilayah Pegunungan Bintang dan atas izin  Komisi bidang teknis Data dan informasi KPU Provinsi papua Pegunungan.

“Keberangkatan KPU pegubin ke jayapura telah di sepakati dan di putuskan dalam rapat Bersama, guna penginput hasil perolehan suara pemilihan umum serentak ke dalam sirekap web KPU “

Selama penginputan di jayapura  KPU di dampingi Bawaslu,Saksi  partai politik, dan unsur TNI Polri. Ujar Yuli.

Usai penginputan,kata ketua KPU pihaknya akan lanjut ke provinsi untuk menyampaikan hasil pleno kabupaten pada rapat pleno tingkat provinsi di Wamena, Provinsi Papua Pegunungan.

Yuli berharap masyarakat pegunungan bintang khusunya (15) pimpinan partai politik dan para caleg, memberikan kesempatan kepada pihaknya untuk secepatnya menyelesaiskan penginputan perolehan suara di jayapura dan hasilnyapun di ketahui secepatnya.

Sekedar di ketahui proses penginputan Perolehan suara di jayapura berlangsung sejak tanggal 6-7 Maret 2024, di lanjukan pleno tingkat provinsi pada tanggal 9 maret 2024 di wamena. ***

Admin Redaksi

 

By Admin