PEGUBIN – Jajaran KPU Pegunungan Bintang mulai persiapan untuk menggelar pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten.

Hal tersebut dilakukan lantaran proses rekapitulasi hasil penghitungan suara di 34 Distrik  telah berakhir pada Jumat,(1/3/2024).

Ketua KPU Pegunungan Bintang, Yulius Uopdana menyampaikan, pihaknya telah menarik logistik pemilu berupa kotak suara dan lainnya di sejumlah Distrik  hari ini.

“Secara keseluruhan proses rekapitulasi tingkat kecamatan berjalan baik. Mesti sempat ada keberatan dari saksi terkait perolehan suara. Tapi keberatan itu dilakukan setelah hasil pleno rekapitulasi ditandatangani. Kalau ada keberatan nanti bisa disampaikan saat pleno tingkat kabupaten melalui saksi atau jajaran pengawas,” katanya.

Dia menuturkan, logistik pemilu yang ditarik dari Distrik selanjutnya disimpan dan dijaga kepolisian selama 24 di Gudang. Setelah penarikan logistik, terangnya, jajaran KPU Pegubin sedang mempersiapkan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten.

“Rencana 2 – 5 Maret 2024 di Halaman Kanyot KPU. Setelah pleno kemudian menetapkan hasil perolehan suara pemilu untuk pemilihan DPRD Pegubin. Untuk hasil rekapitulasi lainnya akan diteruskan ke provinsi,” terangnya.

Setelah penetapan perolehan suara untuk pemilihan DPRD Pegubin, terang Yuli, akan dilanjutkan dengan penetapan perolehan kursi. Total ada 25 kursi untuk DPRD Pegunungan Bintang.  Dia mengungkapkan, penetapan perolehan kursi dapat dilakukan apabila tidak ada gugatan terkait perolehan suara.***

Admin Redaksi

By Admin