JAYAPURA -Asosiasi Wartawan Papua atau AWP menggelar Pra Rapat Kerja I di Kota Jayapura, Senin (11/3/2024).

Kegiatan ini berlangsung di Aula Susteran Perumnas I Waena, Distrik Heram,Kota Jayapura,Papua.

Ketua Asosiasi Wartawan Papua Elisa Sekenyap mengatakan,tujuan diadakannya Pra Rapat Kerja I ini untuk membahas beberapa hal penting.

Menurutnya, terdapat 3 poin menjadi landasan dilaksanakannya Pra Raker I ini.

“Diantaranya mendiskusikan dan menyepakati Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) AWP,” kata Elisa Sekenyap dalam sambutanya.

Tak hanya itu,lanjut Elisa,dalam kegiatan ini mendiskusikan dan menyepakati program kerja jangka pendek dan jangka Panjang bahkan mengidentifikasi peluang-peluang pendanaan dari dalam dan luar organisasi.

“Tentunya,hasil yang ingin dicapai dari Rapat Kerja I AWP ini adalah adanya dokumen final AD/ART Asosiasi Wartawan Papua.”

“Serta Adanya dokumen program kerja jangka pendek dan jangka Panjang serta, teridentifikasinya sumber-sumber pendanaan,” sambung Elisa.

Alur Dan Mekanisme Pelaksanaan kegiatan Raker AWP I Tahun 2024

Lanjut Elisa menjelaskan,Pra Raker ini merupakan strategi yang digunakan untuk menghemat waktu dan biaya.

“Tentunya diharapkan masing-masing anggota AWP dapat memberikan pandangan dan usulan untuk memboboti Rancangan AD/ART, Program Kerja dan Pembiayaan organisasi,” ujarnya.

Tak hanya itu,menurut Elisa,dalam pra Raker, semua peserta akan dibagi dalam tiga kelompok pembahasan.

“Kelompok 1 akan membahas terkait AD/ART organisasi, kelompok 2 akan membahas tentang program kerja dan kelompok 3 akan membahas tentang sumber-sumber pembiayaan organisasi,” ujar Elisa.

Rapat Kerja AWP

Sementara itu,lanjut Elisa untuk Rapat Kerja (Raker) AWP akan digelar pada 27 Maret 2024 atau 2 minggu setelah Pra Raker.

“Kegiatan ini sengaja disatukan jadwalnya dengan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Media Online, dengan alasan strategi memaksimalkan pembiayaan sponsor,” katanya.

Elisa berharap,nantinya melalui Raker diharapkan jadi momentum untuk melegitimasi draft dokumen terkait AD/ART
dan Program Kerja AWP.

“Hasil pembahasan Pra Raker, untuk jadi landasan kerja pengurus periode berjalan,” ungkapnya.

Ia menambahkan,untuk peserta Pra Raker AWP adalah seluruh wartawan OAP di Jayapura yang berjumlah kurang lebih 50 orang.

Ditempat yang sama,Ketua Panitia Raker I AWP, Kristian Ansaka mengucap selamat datang kepada peserta.

“Dalam kesempatan itu memberi apresiasi kepada para pendiri dan mengucapkan terima kasih kepada sponsorship kegiatan diantaranya Jubi sebagai sponsor Utama Dan panitia yang telah bekerja keras menyiapkan tempat dan acara,” katanya.

Selaku Ketua Panitia,Kristian mengajak para peserta untuk aktif terlibat dalam proses diskusi guna memberikan pikiran-pikiran positif guna membangun AWP.
“Tujuan pelaksanaan kegiatan pra raker untuk menghimpun isu-isu yang akan dibawa dalam raker 25-27 Maret 2024,” tandasnya.

By Admin