PEGUBIN (SW-Papua.Com)-Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Pegunungan Bintang– Bawaslu Pegubin mengikuti Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Pegunungan Bintang, bertempat di Halaman Kantor KPUD Pegunungan Bintang Mabilabol Oksibil, Minggu (3/3/2024).

Pelaksanaan Rapat Pleno terbuka tersebut diawasi langsung oleh Yanus Tepmul (Ketua),Pepyanus Uropmabin (Anggota) dan Yance Mallo (Anggota), Marice Adii (Anggota),serta jajaran sekretariat Bawaslu Kabupaten Pegunungan Bintang yang di agendakan akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai pada hari Sabtu tanggal 1 s.d 5 Maret 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Yanus Tepmul mengatakan bahwa sesuai surat pemberitahuan dan jadwal dari KPU Kabupaten  bahwa Hari Pertama dimulai dari Kecamatan Kalomdol dan di ikuti oleh 33 distrik lain.

“Jika minggu kemarin kita telah mengawasi rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan, dan sekarang mulai perekapan di tingkat Kabupaten Pegunungan Bintang. Segala persoalan atau hal yang masuk kejadian khusus selama di TPS seharusnya sudah selesai di tingkat Kecamatan,” Ungkapnya.

Yanus menuturkan bahwa Rapat Pleno ini penting dilakukan untuk memastikan keabsahan hasil penghitungan suara berjalan dengan transparan, adil, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Proses penghitungan suara pemilu 2024 tingkat Kabupaten Pegunungan Bintang harus dipastikan dan berjalan dengan transparan dan akuntabel serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga hasilnya nanti tidak diragukan lagi keabsahannya,” Ujar Tepmul.

Oleh karena itu, ketentuan-ketentuan teknis dan administratif penghitungan tersebut juga harus terpenuhi dengan baik. “Teknis pelaksanaan mesti terpenuhi sesuai dengan pedoman, disisi lain administrasi hasil penghitungan juga harus dijalankan dengan baik,” tambahnya.

Bawaslu juga menghadirkan Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Pegunungan Bintang untuk bersama-sama mengawasi jalannya rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten sesuai jadwal yang ditentukan.

“Panwascam juga hadir karena mereka yang lebih memahami dan tahu persis hasil Rekapitulasi di tingkat Kecamatan serta kejadian khusus yang belum terselesaikan serta berpotensi berlanjut di tingkat Kabupaten,” Pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Pegubin, Kapolres Pegunungan Bintang, Damdim 1715 Yahukimo – Pegunungan Bintang ,Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan para Saksi Partai Politik Pemilu Tahun 2024 se Kabupaten Pegunungan Bintang.***

Admin Redaksi

By Admin